Lompat ke isi utama

Berita

PENGAWASAN PARTISIPATIF PELAKSANAAN PEMILU 2024

Penyampaian Materi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran

Pesawaran – Bawaslu Kabupaten Pesawaran Melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan Tema Peran Pemuda dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, Sabtu (18/06/2022)

Pelaksanaan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif adalah salah satu gebrakan Bawaslu Kabupaten Pesawaran dalam menjawab kebutuhan pengetahuan masyarakat akan politik, khususnya di Kabupaten Pesawaran. Dengan tujuan agar masyarakat di Kabupaten Pesawaran mengetahui bagaimana proses pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024.

“Kegiatan ini merupakan jawaban kami akan kebutuhan pengetahuan masyarakat di Kabupaten Pesawaran, yang goals-nya nanti masyarakat dapat mengetahui bagaimana kegiatan politik pada Pelaksanaan Pemilu 2024 ini”. Ujar Ryan Arnando

Ryan mengajak Pemuda untuk menyampaikan kepada masyarakat yang memiliki hak pilih pada pelaksanaan Pemilu Tahun 2024. Bahwa masyarakat harus lebih aware dalam memilih pemimpin, salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan memiliki pengetahuan mengenai pemimpin yang akan dipilih tersebut.

“Kita harus aware dan memiliki kesadaran untuk menambah pengetahuan berkenaan Pemilihan Umum Tahun 2024, setidaknya pada saat kita memilih pemimpin nanti kita harus mengetahui apa visi dan misi calon Pemimpin tersebut, sehingga layak untuk kita Pilih”.  Ujar Ryan sapaan akrabnya

Ryan juga mengharapkan peran Pemuda di Kabupaten Pesawaran untuk Bersama-sama berperan aktif untuk menciptakan Pemilu Tahun 2024 berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Muda-muda ini harus memiliki kesadaran untuk menjaga dan mengawal proses demokrasi dari awal sampai akhir Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 ini“. tutupnya

Dok. Peserta Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Pada kesempatan ini Anggota Komisi Pemilihan Umum, Yudi Andriansyah juga berkesempatan untuk menyampaikan Tahapan Pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024 sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2024, serta menyampaikan aplikasi-aplikasi yang akan digunakan oleh KPU pada setiap tahapan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 ini.

Selain itu, Yudi juga menjelaskan mengenai bagaimana Proses dan hal-hal apa saja yang wajib disiapkan oleh Partai Politik untuk mendaftar di KPU Kabupaten Pesawaran. Mulai dari formulir-formulir apa saja yang harus diisi serta berkas-berkas yang diperlukan dalam proses pendaftaran Partai Politik.

Di akhir kegiatan Ketua DPD KNPI Kabupaten Pesawaran menyampaikan materi mengenai Peran Pemuda pada Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, dengan mengajak Pemuda untuk dapat bersama-sama mengawal demokrasi Pemilu Tahun 2024.

“Saya rasa pengawas Pemilu akan mengalami kesulitan dalam mengawasi setiap tahapan Pemilu, sehingga saya mengharapkan keikutsertaan Pemuda di Kabupaten Pesawaran dalam Pemilu Tahun 2014 ini“. Ujarnya

Sebagai penutup, Wahyu mengharapkan pemuda di Kabupaten Pesawaran bersama dengan Bawaslu dan KPU untuk menyampaikan kepada masyarakat, bahwa pelaksanaan demokrasi Pemiu Tahun 2024 ini merupakan tangung jawab kita Bersama.

Ditulis Oleh Istiqomah.

Tag
BERITA