Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU PESAWARAN LANTIK 33 ANGGOTA PANWASLU KECAMATAN TERPILIH UNTUK AWASI PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2024

Prosesi pelantikan Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran di Hotel Kyriad Bandar Lampung, Jum'at (24/05)

Prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran di Hotel Kyriad Bandar Lampung, Jum'at (24/05).

Pesawaran, Tepat pada hari ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran, Fatihunnajah melantik 33 Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran untuk melaksanakan tugas pengawasan pada Pemilihan Serentak tahun 2024 di Kryad Hotel M2 Lampung Jumat, (24/05/2024).

Pada sambutannya, Fatihunnajah menyampaikan bahwa perekrutan Panwaslu Kecamatan ini dilakukan dengan 2 metode, metode pertama yaitu dengan melakukan evaluasi kepada Panwaslu Kecamatan Existing dan metode kedua yaitu pendaftaran peserta baru.

"Terdapat 13 orang yang memenuhi syarat hasil evaluasi, Panwaslu Kecamatan Existing yang masih bertahan ini dikarenakan Pimpinan Bawaslu Pesawaran masih percaya terhadap kinerja mereka", ucap Fatih.

"Selanjutnya hasil perekrutan melalui pendaftaran baru menetapkan 20 orang dilantik untuk mengisi kekosongan jabatan di Kecamatan", sambungnya.

Fatih juga berharap adanya kerjasama yang baik antara Anggota Panwaslu Kecamatan yang baru dengan Anggota Panwaslu Kecamatan Existing.

"Kedepannya Panwaslu Kecamatan yang baru dapat beradaptasi dengan cepat dengan Panwaslu Kecamatan Existing terutama berkaitan dengan memahami bagaimana aturan-aturan mengenai Pemilihan 2024 ini", jelasnya.

Fatih juga menyampaikan tentang tugas Panwaslu Kecamatan tidak hanya melakukan pengawasan dan penindakan, tetapi ada tugas yang tidak kalah pentingnya yaitu bagaimana melakukan upaya pencegahan secara maksimal pada proses tahapan Pemilihan yang hanya tinggal hitungan bulan.

Di tempat yang sama Anggota Bawaslu Provinsi Lampung, Tamri menegaskan bahwa Panwaslu Kecamatan yang dilantik hari ini adalah orang-orang terpilih untuk melakukan tugas-tugas pengawasan.

"Hari ini teman-teman dilantik dan mulai besok sudah mulai bekerja di wilayahnya masing-masing", ujar Tamri.

"Adapun kegiatan terdekat adalah perekrutan Panwaslu kelurahan/Desa yang mana hari ini terakhir perpanjangan pendaftaran untuk dilanjutkan verifikasi administrasi dan tes wawancara", tambahnya.

Tamri sangat percaya dan yakin bahwa teman-teman Panwaslu Kecamatan yang dilantik hari ini dapat memikul tigas-tugas pengawasan tahapan Pemilihan serentak 2024 ini.

Pada Pelaksanaan pelantikan Panwaslu Kecamatan ini, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona juga hadir untuk menyampaikan ucapan selamat dan beberapa pesan kepada 33 Panwaslu Kecamatan yang terlantik.

Adapun pesannya, agar Panwaslu Kecamatan dapat menjaga integritas dan berkolaborasi dengan baik kepada jajaran Uspika di wilayah Kecamatan masing-masing, sehingga dapat terjalin kerjasama yang kuat antara pengawas Pemilu dan Pemerintah Daerah untuk ikut serta mengawasi pelaksanaan Pemilihan 2024 mendatang.

Pelaksanaan pelantikan Panwaslu Kecamatan ini tidak hanya dihadiri oleh Bupati Pesawaran, unsur-unsur Forkopimda Pesawaran juga ikut membersamai.

Diantaranya Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Lampung, Kapolres Pesawaran, Dandim Lampung Selatan, Kejaksaan Negeri Gedong Tataan, Kesbangpol Pesawaran, serta Kemenag Pesawaran.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pembekalan kepada Anggota Panwaslu Kecamatan agar dapat meningkatkan tugas-tugas pengawasan pada Pemilihan Serentak tahun 2024 sampai dengan Sabtu, 25 Mei 2024.

Tag
bawaslulampung
bawasluri