Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU PESAWARAN GELAR WORKSHOP PELATIHAN SAKSI PESERTA PEMILU TAHUN 2024

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran Fatihunnajah, saat menyampaikan sambutan pada Workshop Pelatihan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024 di Hotel Kyriad M2 Bandar Lampung, Senin (05/02).

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran Fatihunnajah, saat menyampaikan sambutan pada Workshop Pelatihan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024 di Hotel Kyriad M2 Bandar Lampung, Senin (05/02).

Pesawaran, Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran, Fatihunnajah sampaikan bahwa Saksi memiliki peran penting sebagai wakil dari Peserta Pemilu, kehadiran Saksi merupakan garda terdepan dalam menjaga Pemilu yang bersih dan transparan, hal ini diungkapkan pada Workshop Pelatihan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024 yang diselenggarakan di Hotel Kyiriad M2 Bandar Lampung, Senin (05/02).

Menurutnya, kegiatan ini merupakan amanah Undang-undang, dimana Bawaslu memfasilitasi pelatihan saksi. Hal ini bertujuan, agar saksi dapat memahami tentang surat suara sah dan tidak sah serta mekanisme pelaporan apabila ada pelanggaran pada saat pemungutan dan pengitungan suara.

“Kegiatan ini dilaksanakan atas amanat Undang-undang, yang memberikan kewenangan Lembaga Bawaslu untuk memfasilitasi pelatihan saksi sebagai upaya peningkatan kapasitas untuk memahami mekanisme pemungutan dan penghitungan suara serta mekanisme pelaporan apabila dihari pemungutan dan penghitungan suara nanti terdapat dugaan pelanggaran Pemilu,” ujar Fatih.

Ia juga berharap, bahwa kegiatan ini bisa menjadi upaya persiapan yang serius dalam menyongsong proses demokrasi, sehingga pada Saksi yang tugaskan nantinya dapat menjaga integritas dan keadilan dihari pemungutan dan penghitungan suara.

“Saya berharap output dari kegiatan ini menjadi upaya persiapan yang serius untuk Peserta Pemilu dalam memberikan wawasan kepada Saksi yang akan ditugaskan dilapangan, sehingga para Saksi dapat menjaga semangat dan terampil dalam menjalankan tugasnya,” tuturnya.

Sebagai informasi tambahan, kegiatan ini menghadirkan 3 orang narasumber yaitu Candrawansah selaku Akademisi Univesitas Muhammadiyah Lampung, Dedi Fernando selaku Koordinator Akademi Pemilu dan Demokrasi, dan Robby Robert Repi selaku Tim Pemeriksa Daerah DKPP Provinsi DKI Jakarta.

Tag
bawaslulampung
bawasluri