Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU KABUPATEN PESAWARAN GELAR SOSIALISASI PENGAWASAN PARTISIPATIF BERSAMA KELOMPOK DISABILITAS

Mutholib, Anggota Bawaslu Kabupaten Pesawaran pada saat menyampaikan sambutan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bersama kelompok penyandang disabilitas di Saung D'junjungan Gedong Tataan, Selasa (21/05/2024).

Mutholib, Anggota Bawaslu Kabupaten Pesawaran pada saat menyampaikan sambutan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bersama kelompok penyandang disabilitas di Saung D'junjungan Gedong Tataan, Selasa (21/05/2024).

Pesawaran, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif bersama kelompok penyandang disabilitas pada tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Selasa (21/05/2024). 

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif serta memberikan pemahaman mendalam kepada para penyandang disabilitas mengenai pentingnya pengawasan dalam proses demokrasi.

Kegiatan yang berlangsung di Saung D’junjungan Gedong Tataan ini dihadiri oleh jajaran Bawaslu Kabupaten Pesawaran, Pengurus Karang Taruna Kabupaten Pesawaran dan warga penyandang disabilitas Desa Suka Banjar, Gedong Tataan.

Anggota Bawaslu Kabupaten Pesawaran sekaligus Koordinator Divisi Pencegahan, Humas dan Parmas, Mutholib, menekankan pentingnya inklusivitas dalam proses demokrasi khususnya pada Pilkada 2024.

"Memilih dan dipilih adalah hak setiap warga negara, termasuk sahabat penyandang disabilitas. Melalui sosialisasi ini, kami berharap dapat berkolaborasi dengan sahabat penyandang disabilitas untuk turut serta dalam pengawasan Pemilu, memastikan hak-hak mereka terpenuhi, dan berkontribusi aktif dalam Pilkada 27 November mendatang," ujar Mutholib.

Lebih lanjut, Mutholib mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Bawaslu Kabupaten Pesawaran untuk mewujudkan Pemilu dan Pilkada yang inklusif dan partisipatif, dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. 

“Kegiatan ini adalah upaya Bawaslu Kabupaten Pesawaran untuk mewujudkan demokrasi yang inklusif dan partisipatif di Bumi Andan Jejama”, pungkasnya.

“Tentu dengan adanya sosialisasi ini, saya berharap sahabat penyandang disabilitas dapat merasa lebih percaya diri untuk terlibat aktif dalam pengawasan dengan melakukan upaya pencegahan dan melaporkan jika menemukan dugaan pelanggaran Pilkada”, harapnya.

Sebagai informasi tambahan, turut hadir Een Riansyah selaku pegiat Pemilu dan Nurul Azmi selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Pesawaran menjadi narasumber pada kegiatan ini.

 

Bawaslu Kabupaten Pesawaran Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bersama Kelompok Disabilitas
Tag
bawaslulampung
bawasluri