• Bawaslu Kab. Pesawaran
  • Bawaslu Kab. Pesawaran
  • Bawaslu Kab. Pesawaran

KETUA DAN ANGGOTA BAWASLU KABUPATEN PESAWARAN HADIRI KEGIATAN BEDAH PKPU 4 TAHUN 2022

Anggota Bawaslu Kabupaten Pesawaran melakukan bedah PKPU 4 Tahun 2022

Pesawaran – Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Pesawaran yang didampingi oleh staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Pesawaran menghadiri kegiatan bedah Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ruang Rapat KPU Kabupaten Pesawaran, Senin (01/08/2022).

Kegiatan ini merupakan forum diskusi yang digunakan untuk melakukan bedah aturan sekaligus penyamaan persepsi mengenai PKPU Nomor 4 tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tahun 2024.

Kegiatan yang diharidi oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Pesawaran, Ryan Arnando, Riswanto, Ali Nurdin, Fery Ikhsan, dan Mutholib. Selain itu juga Ketua dan Anggota KPU Pesawaran, Kasubag Teknis , dan Hupmas  Serta Admin Aplikasi SIPOL, Yatin Putro Sugino, Yudi Andriansyah, Dodi Afrianto, dan Murniati Indah Permata Sari antusias melakukan bedah aturan PKPU Nomor 4 tahun 2022.

Ketua KPU Kabupaten Pesawaran, Yatin Putro Sogino menjelaskan mengenai Dasar Hukum Pemilu yang masih sama dari Pemilu sebelumnya, yaitu Undang-Undang 7 tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

Yatin juga menjelaskan mengenai regulasi untuk verifikasi administrasi berkas Partai Politik calon peserta Pemilu Tahun 2024 sudah di atur di dalam Peraturan KPU 4 tahun 2022.

Adapun jadwal verifikasi administrasi di KPU Kabupaten/Kota dimulai dari Tanggal 2 Agustus 2022 sampai dengan  11 September 2022. Melalui aplikasi SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik).

Selanjutnya verifikasi administrasi di SIPOL KPU Pesawaran direncanakan adanya 1 admin dan 5/6 verifikator yang akan di SK kan langsung dari KPU RI dengan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ketua KPU Kabupaten Pesawaran menjelaskan mengenai hal-hal teknis yang akan dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota pada pelaksanaan tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024.

Tidak banyak yang disampaikan oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Pesawaran pada kegiatan ini, hanya beberapa saran ketika ditemukan adanya pasal yang tidak sesuai dengan keadaan dilapangan ketika pelaksaan berlangsung, sebagai bahan pembanding yaitu pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 yang lalu.

  • Fotografer : Rahmat Fatriansyah
  • Ditulis oleh Riki Sepriyanda
Bagikan di:

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 
Contributed by Bawaslu Kabupaten Pesawaran