BAWASLU PESAWARAN SAMPAIKAN REKOMENDASI TERKAIT PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN
BAWASLU PESAWARAN SAMPAIKAN REKOMENDASI TERKAIT PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN

Pesawaran - Bawaslu Kabupaten Pesawaran menghadiri Rapat Koordinasi Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tri Wulan I tahun 2022 bertempat ruang rapat Sekretariat KPU Kabupaten Pesawaran yang dilaksanakan pukul 10.00 WIB, Jum'at (31/03).

Berdasarkan hasil Rapat Rekapitulasi tersebut ditetapkan bahwa jumlah pemilih di periode sebelumnya 319.394, dan terdapat penambahan pemilih baru berjumlah 170 pemilih, Pemilih TMS (pindah keluar 6, ganda 277 pemilih, belum mempunyai KTP/Suket 16 pemilih), maka jumlah pemilih pada bulan berjalan yaitu 319.265.

Dalam kegiatan ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran, Ryan Arnando menyampaikan masukan kepada KPU Kabupaten Pesawaran bahwa sebelum melaksanakan Rapat Koordinasi Rekapitulasi agar menggelar pertemuan Forum Koordinasi DPB untuk melakukan sinkronisasi data bersama Stakeholder terlebih dahulu.

"Kami menyampaikan masukan kepada KPU Pesawaran, bahwa sebelum melaksanakan Rapat Koordinasi Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, KPU Kabupaten Pesawaran menggelar pertemuan Forum DPB untuk melakukan sinkronisasi data Pemilih. Ini sesuai dengan prosedur yg dituangkan dalam PKPU tentang DPB", ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Ketua Bawaslu Pesawaran menyampaikan rekomendasi secara tertulis kepada KPU Kabupaten Pesawaran hasil pengawasan DPB berdasarkan data uji petik yang telah dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Pesawaran. 

"Sebelum pelaksanaan Rapat Koordinasi Rekapitulasi pada hari ini, kami jajaran Bawaslu Kabupaten Pesawaran telah melakukan uji petik terkait Data Pemilih Berkelanjutan dilapangan. Hasil dari uji petik ini diperoleh data Pemilih pindah domisili dari Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan yang berjumlah 110 pemilih dan Pemilih meninggal dunia dari Desa Penengahan Kecamatan Way Khilau yang berjumlah 38 Pemilih", pungkasnya.

"Berdasarkan data hasil uji petik tersebut, kami merekomendasikan kepada KPU Kabupaten Pesawaran untuk melakukan validasi dan menindaklanjuti sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku", tegas Ketua Bawaslu Pesawaran.

Sementara itu, Yatin Putro Sugino selaku Ketua KPU Kabupaten Pesawaran mengucapkan terima kasih atas saran dan rekomendasi yang disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran.

"Terima kasih atas saran dan rekomendasi yang disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran, data yang telah masuk akan kami tindaklanjuti sesuai dengan prosedur dan regulasi yang berlaku", ujarnya.

"Kami juga berharap kepada seluruh Stakeholder dan Partai Politik untuk berpartisipasi dalam Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, jika ada rekan atau saudara kita yang sudah memenuhi syarat sebagai Pemilih namun belum terdaftar di Daftar Pemilih mohon agar kiranya untuk segera dilaporkan kepada KPU Kabupaten Pesawaran agar dapat menghasilkan data Pemilih yang lebih valid dan dan akurat lagi", tambahnya.

Sebagai tambahan informasi kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Pesawaran beserta jajaran Sekretariat, Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran, Sat Intelkam Polres Pesawaran, Pabung KODIM 0421, perwakilan dari Partai NasDem, Golkar, PDI Perjuangan, PKB, PBB, PAN dan Demokrat. (RF/HUMAS BAWASLU PESAWARAN)