EVALUASI HUKUM BAWASLU PESAWARAN
Foto Kegiatan RDK Hukum

Pesawaran-Bawaslu Kabupaten Pesawaran melaksanakan kegiatan Rapat Evaluasi Produk Hukum Pemilu Tahun 2019 dan Identifikasi Regulasi Pemilu Tahun 2024 kepada staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Pesawaran, Kamis 18 November 2021 di Kantor Bawaslu Kabupaten Pesawaran.

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda Bawaslu Kabupaten Pesawaran dalam rangka menindaklanjuti instruksi Bawaslu Provinsi Lampung untuk melakukan evaluasi terhadap aturan-aturan kepemiluan, khususnya Peraturan Bawaslu.

Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Provinsi Lampung Tamri menyampaikan beberapa tindakan yang telah dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Lampung terkait posisi Sentra Gakkumdu, waktu penanganan pelanggaran administratif, dan kelembagaan Bawaslu. Dengan tujuan agar tercapainya pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan yang lebih baik kedepannya.

Tamri juga menginstruksikan kepada Bawaslu Kabupaten Pesawaran agar setiap divisi melakukan evaluasi terhadap Peraturan Bawaslu sesuai dengan bidangnya masing-masing untuk kemudian diinfentarisasi oleh staf hukum.

“masing-masing divisi mengkaji setiap Perbawaslu yang dinaungi secara bertahap dan kontinue, setelah itu hasil kajian tersebut disampaikan kepada Bawaslu Provinsi Lampung”. Ujar Tamri

Pada kesempatan ini, Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Kabupaten Pesawaran Riswanto mengatakan bahwa sampai saat ini setiap Divisi di Bawaslu Kabupaten Pesawaran belum melakukan evaluasi Peraturan Bawaslu, namun ini akan menjadi rujukan bagi Bawaslu Kabupaten Pesawaran untuk mulai melaksanakannya secara bertahap sesuai dengan instruksi Bawaslu Provinsi Lampung.

“sejauh ini kami belum melaksanakan evaluasi terhadap Peraturan Bawaslu oleh masing-masing divisi, namun ini akan menjadi rujukan kami mulai melakukan evaluasi kedepannya”. Ujar Ris sapaan akrabnya

Diakhir kegiatan, staf Bawaslu Kabupaten Pesawaran memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan keluhan masyarakat mengenai kurang informatifnya Bawaslu mengenai status penanganan pelanggaran dan juga bagaimana aturan Bawaslu mengenai Kampanye calon peserta Pemilu/Pemilihan di Media Sosial.(humas bawaslu pesawaran)