RAPAT EVALUASI KEHUMASAN BAWASLU PESAWARAN
dokumetasi RDK Kehumasan

Pesawaran-Divisi Humas Bawaslu Kabupaten Pesawaran melaksanakan kegiatan Rapat Bidang Kehumasan Kepada Jajaran Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten, Rabu 17 November 2021 di Ruang Rapat Bawaslu Kabupaten Pesawaran.

Dalam setiap kelembagaan penting adanya sebuah dokumentasi sehingga setiap hal yang dilakukan atau dilaksanakan akan terarsipkan, ketika dilain waktu memerlukan kembali dokumen tersebut, maka akan  dapat dengan mudah mengingatnya kembali. Mungkin itu adalah sedikit gambaran pekerjaan kehumasan dalam suatu lembaga.

Menurut Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat Bawaslu Provinsi Lampung M. Teguh kehumasan adalah catatan sejarah kelembagaan Bawaslu, karena Kehumasan maka akan terlihat bagaimana kegiatan yang dilakukan oleh Bawaslu.

“Ketika ada kehumasan, orang silahkan membuka web bawaslu, media bawaslu, facebook, dsb. Sehingga masyarakat akan tahu bahwa Bawaslu Kabupaten Pesawaran ternyata melakukan banyak kegiatan”. Tutur teguh sapaan akrabnya.

Tidak jauh berbeda dengan pendapat Anggota Bawaslu Kabupaten Pesawaran Divisi Humas Riswanto yang menyatakan bahwa rapat evaluasi ini dilakukan berkaitan dengan evaluasi terhadap konten media sosial. Kehumasan bisa dikatakan dibutuhkan atau tidak dibutuhkan, namun jika di lihat di UU 8 tahun 2014 mengenai keterbukaan informasi publik, maka dianggap perlu bagi Bawaslu untuk menyampaikan setiap kegiatan yang dilakukan kepada masyarakat.

“sebagai kelembagaan yang bergerak dibidang pengawasan, maka sangat penting bagi Bawaslu, khususnya Bawaslu Kabupaten Pesawaran menyampaikan kepada masyarakat apa saja yang telah dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Pesawaran baik ada tahapan maupun tidak ada tahapan Pemilu”. Ujar Riswanto.

Menurutnya kegiatan rapat ini dilaksakan agar staf sekretariat Bawaslu Kabupaten Pesawaran mengetahui bagaimana kerja kehumasan, setidaknya mengetahui bagaimana cara membuat tulisan berita yang menarik dan juga mengambil foto dokumentasi yang bagus meskipun dengan peralatan yang seadanya.

Di akhir kegiatan rapat, staf bidang Kehumasan Uhibudin Al Haq juga melakukan evaluasi terhadap media sosial dan website Bawaslu Kabupaten, yang diperlukan adanya beberapa perbaikan kedepannya. (humas bawaslu pesawaran)