BAWASLU PESAWARAN ADAKAN WORKSHOP EKSAMINASI PENANGAN PELANGGARAN
Dokumentasi kegiatan workshop

Pesawaran-Bawaslu Kabupaten Pesawaran Melaksanakan Workshop Eksaminasi Hasil Penanagan Pelanggaran Pada Pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Pesawaran, yang dilaksanakan di Hotel Regency Pringsewu pada hari Senin 15 November 2021.

Dalam sambutannya Mutholib selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Pesawaran mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang telah menyempatkan hadir dalam kegiatan ini.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang telat hadir dalam kegiatan Workshop Eksaminasi Hasil Penangan Pelanggaran pada Pilkada tahun 2020," ujarnya.

Selanjutnya, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah penyampaian informasi ke publik bagaimana terkait penanganan pelanggaran pada tahapan Pilkada tahun 2020 serta sejauh mana proses tindak lanjutnya.

Di tempat yang sama, Khoir selaku Ketua Bawaslu Provinsi Lampung menyampaikan kewenangan lembaga Bawaslu selain melakukan tugas pengawasan, juga terdapat fungsi hukum yaitu uji integritas dalam menangani pelanggaran pidana, administrasi dan kode etik.

"Pada tahapan Pilkada tahun 2020 di 15 Kab/Kota se-Provinsi Lampung bahwa 438 pelanggaran, yang terdiri dari 367 temuan dan 71 laporan. Dari data tersebut, masih terdapat kurangnya dalam partisipasi masyarakat dalam melaporkan dugaan pelanggaran," pungkas Khoir.

Dalam proses pelaksanaan fungsi dan kewenangan Bawaslu yaitu Pelanggaran Pidana Pemilu di tangani bersama dengan Kejaksaan dan Kepolisian, Pelanggaran Administrasi dapat diputuskan oleh Bawaslu sendiri, Pelanggaran Kode Etik ditangani oleh DKPP serta Pelanggaran lainnya dapat diteruskan kepada instansi terkait.

"Harapannya kami mengharapkan masukan dari seluruh stakeholder agar dapat menjadi catatan kami, guna menjadi bahan evaluasi kami dalam menjalankan kewenangan dan fungsi lembaga Bawaslu," tutup Khoir. (humas bawaslu pesawaran)