BAWASLU PESAWARAN MENGIKUTI EVALUASI PRODUK HUKUM
Rapat Evaluasi Produk Hukum

Pesawaran – Anggota Bawaslu Kabupaten Pesawaran Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Pesawaran menghadiri kegiatan Rapat Evaluasi Produk Hukum Bawaslu Pemilu Tahun 2019 dan Identifikasi Regulasi Pemilu Tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Bawaslu Provinsi Lampung.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Bawaslu Provinsi Lampung untuk menginventarisasi peraturan-peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Pada Tahun 2019 lalu, yang mana ini akan menjadi regulasi Bawaslu Provinsi Lampung dalam memberikan masukan untuk pelaksanaan Pemilihan yang akan datang pada tahun 2024.

 Menurut Tamri selaku koordinator divisi Hukum, Data dan Informasi Anggota Bawaslu Provinsi Lampung pada sambutannya menyampaikan pentingnya Bawaslu Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung memberikan evaluasi terhadap hasil kinerja yang telah dilaksanakan selama pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 dengan kemungkinan adanya perbedaan antara peraturan dengan kondisi sesungguhnya di lapangan, sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan dalam pembuatan aturan-aturan Pemilihan yang akan digunakan pada tahun 2024 mendatang.

Pada kesempatan ini, Bawaslu Kabupaten/Kota memaparkan tentang permasalahan pengawasan dilapangan di setiap tahapan, yang diawali dari Bawaslu Kota Bandar Lampung dan diteruskan dengan Kabupaten/Kota lainnya. Sehingga didapatkan informasi yang berbeda-beda di setiap Kabupaten/Kota di setiap tahapan, yang mana ini juga berkaitan erat dengan kultur dan adat istiadat yang berbeda-beda disetiap daerahnya.

Diakhir kegiatan, staf Bawaslu Kabupaten/Kota bidang Hukum menyerahkan rekapitulasi inventarisasi Evaluasi Produk Hukum Bawaslu Pemilu Tahun 2019 dan Identifikasi Regulasi Pemilu Tahun 2024 kepada Tim Hukum Bawaslu Provinsi Lampung. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara luring dengan mematuhi protokol Kesehatan COVID-19 dan secara daring melalui zoom meeting Bawaslu Provinsi Lampung. (humas bawaslu pesawaran)