Lompat ke isi utama

Berita

PERAN SAHABAT DISABILITAS DALAM MENSUKSESKAN PEMILU

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran Ryan Arnando menyampaikan sambutan mengenai tugas dan wewenang Bawaslu Kabupaten Pesawaran serta peranan penting sahabat penyandang disabilitas pada Pelaksanaan Pemilihan Umum kepada sahabat-sahabat penyandang disabilitas, Selasa, (07/06/2022) Pesawaran – Bawaslu Kabupaten Pesawaran melaksanakan Sosialisasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan Bersama Sahabat Penyandang Disabilitas di Lingkungan Kabupaten Pesawaran yang dilaksanakan di Desa Bagelen, Gedong Tataan.

Acara tersebut dibuka oleh Ketua Bawaslu Pesawaran Ryan Arnando, dihadiri oleh anggota Bawaslu Pesawaran Riswanto S.Sos dan Kepala Sekretariat Bawaslu Pesawaran Theresa Agustina P. S.Psi, M.M. Dan sebagai narasumber yaitu Kepala Dinas Sosial Pesawaran Razak S.Sos. dan Kepala Desa Bagelen Merdi Parmanto S.Kom.

Sosialisasi ini merupakan salah satu upaya Bawaslu Kabupaten Pesawaran memberikan pemahaman kepemiluan kepada sahabat penyandang disabilitas di lingkungan Kabupaten Pesawaran, menurutnya setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk memilih baik dalam Pemilu maupun Pemilihan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran juga menyampaikan mengenai tugas dan wewenang Pengawas Pemilu, mulai dari Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota sesuai dengan amanat perundang-undang.

“Bawaslu merupakan salah satu lembaga penyelenggara Pemilu yang memiliki tugas untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu, sesuai dengan amanat undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, yang mana keberadaan Bawaslu dapat meminimalisir adanya permasalahan yang terjadi pada proses pelaksaan Pemilihan Umum.” ujar Ryan

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran, Razak mengapresiasi atas digelarnya kegiatan ini. Menurutnya selain bisa bersilaturahmi, penyandang disabilitas juga bisa mengetahui haknya sebagai warga negara yang sama dengan masyarakat pada umumnya, hak suara dalam menentukan pilihan.

“Dinas Sosial sendiri akan menyediakan akses data yang diperlukan bagi Bawaslu untuk pelaksanaan pemilu serentak 2024 mendatang,” Ujar Razak

Selanjutnya Kepala Desa Bagelen Merdi Parmanto S.Kom menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Bawaslu Pesawaran ini bentuk perhatian penyelenggara Pemilu kepada penyandang disabilitas, dan Ia juga nantinya akan memberikan ruang kepada Penyandang Disabilitas di Desa-nya agar Pemilu Serentak tahun 2024 mereka tidak kesulitan dalam proses pemberian hak pilihnya. kata Merdi di akhir materi.

Kegiatan ini dihadiri oleh ±30 orang peserta yang berasal dari warga Kabupaten Pesawaran yang berusia 17 tahun keatas dan telah mempunyai Hak Pilih. Ketua Bawaslu Pesawaran mengatakan, tujuan diadakan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepemiluan kepada penyandang disabilitas. Selain itu juga untuk memberikan akses partisipasi dalam menggunakan hak pilihnya pada saat pemilu serentak tahun 2024 nanti.

Dokumentasi bersama dengan sahabat penyandang disabilitas di lingkungan Kabupaten Pesawaran
  • Ditulis oleh Riki Sepriyanda dan Istiqomah
  • Fotografer : Istiqomah

 

Tag
BERITA