Lompat ke isi utama

Berita

FATRA TEGASKAN PANWASLU KECAMATAN HARUS PERKUAT PRINSIP KOLEKTIF KOLEGIAL DALAM MENJALANKAN TUGAS PENGAWASAN

Anggota Bawaslu Kabupaten Pesawaran Pajril Fatra saat menyampaikan arahan pada apat Pembinaan dan Bimbingan Teknis Aparatur Pengawas Pemilu dan Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran yang dilaksanakan di Arnes Hotel Bandar Lampung pada tanggal 31 Oktober – 01 November 2023.

Pesawaran - Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Pesawaran gelar Rapat Pembinaan dan Bimbingan Teknis Aparatur Pengawas Pemilu dan Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran yang dilaksanakan di Arnes Hotel Bandar Lampung pada tanggal 31 Oktober – 01 November 2023.

Pada kegiatan tersebut, Anggota Bawaslu Kabupaten Pesawaran sekaligus Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Pajril Fatra menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kemampuan aparatur Pengawas Pemilu.

“Kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan Pengawas Pemilu serta menyamakan persepsi Panwaslu Kecamatan terkait tugas, wewenang dan kewajiban dalam melaksanakan tugas kelembagaan demi suksesnya Pemilu tahun 2024,” ujar Fatra.

Selain itu, Fatra juga menjelaskan tentang Perbawaslu Nomor 2 tahun 2023 tentang tata kerja dan pola hubungan pengawas pemilihan umum. Bahwa dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan, Pengawas Pemilu mesti melakukan percepatan pemahaman terkait pengawasan kepemiluan serta harus perkuat prinsip kolektif kolegial pada jajaran Pengawas Pemilu dengan Kesekretariatan sebagai supporting system.

“Dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan mesti melakukan percepatan pemahaman terkait pengawasan kepemiluan serta kerja dengan prinsip kolektif kolegial pada jajaran Pengawas Pemilu dengan Kesekretariatan sebagai supporting system,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Bawaslu Kabupaten Pesawaran Mutholib menambahkan, di dalam menjalankan tugas pengawasan, kita dituntut untuk terampil, agar Pemilu dapat berjalan sukses dan bermartabat. “Untuk menjalankan tugas Pengawas Pemilu, baik dari sisi pengawasan, pencegahan dan penindakan, kita (Pengawas Pemilu) dituntut untuk terampil, agar Pemilu dapat berjalan dengan sukes dan bermartabat,” pungkas Mutholib.

Tag
BERITA