Lompat ke isi utama

Berita

FATRA : GOTONG ROYONG KUNCI SUKSES PENGAWAS PEMILU

Fatra sampaikan gotong royong kunci sukses pengawas Pemilu pada kegiatan Pembinaan dan Bimbingan Teknis Aparatur Pengawas Pemilu dan Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran yang dilaksanakan di Hotel Arinas, Bandar Lampung, 29-30 September 2023.

Pesawaran - Bawaslu Pesawaran melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Bimbingan Teknis Aparatur Pengawas Pemilu dan Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran yang dilaksanakan di Hotel Arinas, Bandar Lampung, 29-30 September 2023.

Memperhatikan urgensi pengawasan tahapan Pemilu yang akan mendekati pelaksanaaan tahapan Kampanye Pemilu sekaligus tahapan yang masih terus berjalan sampai dengan ditetapkannya Daftar Calon Tetap (DCT) Bacaleg Peserta Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Pesawaran, diperlukan beberapa strategi-strategi peningkatan kapasitas SDM pengawas Pemilu Ad Hoc.

Anggota Bawaslu Kabupaten Pesawaran sekaligus Kooridnator Divisi SDM Organisasi dan Diklat, Pajril Fatra sampaikan bagaimana peran SDM pengawas Pemilu dalam mensukseskan setiap tahapan Pemilu Tahun 2024 terutama SDM Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan sebagai pelaksana teknis dalam mendukung kinerja-kinerja pimpinan.

"SDM pengawas Pemilu harus lebih jeli terhadap berbagai permasalahan yang akan terjadi kedepan, karena tantangan pengawas Pemilu kedepannya akan lebih kompleks mendekati pelaksanaan Kampanye," ujar Fatra sapaan akrabnya.

"Selain itu, hasil-hasil pengawasan ini harus terdokumentasikan dengan baik oleh jajaran Panwaslu Kecamatan dan ini memerlukan peran penting Kesekretariatan dalam menyusun dan mengarsipkan setiap dokumen pengawasan baik sebelum maupun pasca pelaksanaan kegiatan," tambahnya.

Menurut Fatra, SDM ditingkat Kecamatan baik pimpinan dan Kesekretariatan mulai melakukan percepatan-percepatan, baik dalam proses pengawasan dilapangan serta proses berfikir kritis terhadap permasalahan yang sudah mulai bermunculan yang dialami pengawas Pemilu sekarang ini.

"Panwaslu Kecamatan beserta Kesekretariatan mulai berfikir tepat, bergerak cepat karena kita diburu dengan tahapan sekaligus berbagai permasalahannya sehingga peran pengawas Pemilu menjadi begitu penting dalam meminimalisasi adanya pelanggaran dan sengketa Pemilu," ujarnya.

"Tentu dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan tidak bisa dilaksanakan sendirian, dibutuhkan kerja sama tim dan gotong royong baik pimpinan dan Kesekretariatan sebagai suatu kesatuan yang tidak terpisahkan, sehingga tugas pengawasan akan menjadi lebih mudah dikerjakan," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran Fatihunnajah, sampaikan agar pimpinan dan Kesekretariatan dapat berkoordinasi dengan baik dalam menunjang kinerja pengawasan di tingkat Kecamatan dan PKD.

"Dibutuhkan komunikasi yang baik antara pimpinan dengan Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan, jika komunikasinya lancar berkemungkinan akselerasi pimpinan dan Kesekretariatan ini akan maksimal," pungkasnya

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Panwaslu Kecamatan beserta Staf Sekretariat Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran.

Tag
BERITA