Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU PESAWARAN SAMPAIKAN URGENSI DAFTAR PEMILIH 

Karno sampaikan materi kepada jajaran Panwaslu Kecamatan.

Badan Pengawas Peilihan Umum Kabupaten Pesawaran - Anggota Bawaslu Provinsi Lampung, Karno Ahmad Satarya sampaikan materi Peran Bawaslu pada Tahapan Pemutakhiran Daftar Pemilih Tahun 2024 pada kegiatan Rakoor Pengawasan Penyusunan Daftar Pemilih Tetap yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Pesawaran pada Senin, 19 Juni 2023.   

Karno mengatakan bahwa salah satu isu krusial pada tahapan pemutakhiran data adalah Pemilih meninggal Dunia dan ini seharusnya menjadi tanggung jawab masyarakat juga, bukan hanya Penyelenggara Pemilu, serta adanya peran pemerintah dalam hal ini Disdukapil.

Selain itu “temuan hasil pengawasan harus di cek langsung ke lapangan, contohnya pemilih baru, pemilih pindah TPS. tujuan pengeekan ini untuk memastikan apakah data temuan tersebut sudah masuk dalam DPT atau data TMS tersebut sudah di delete. jika belum maka berikan saran perbaikan kepada jajaran KPU”. ujarnya

Napi di lapas pastikan masuk dalam TPS khusus, pastikan juga apakah peilih di lapas tersebut tidak overload, jika overload maka diperlukan penabahan TPS. TPS Lokasi khusus Disabilitas sulit untuk di deteksi, ini menjadi PR kita bersama. sehingga pemilih difabel ini dapat tercatat dalam daftar pemilih.

Harus ada solusi bagi pemilih di perusahaan harus ada tindakan dengan cara duduk koordinasi antara Bawaslu, KPU dan peerintah untuk engatasi hal ini.

Data DPT yang masih acak-acakan di tingkat Kabupaten Pesawaran, Bawaslu bisa mengajukan penundaan penetapan DPT sampai data tersebut benar-benar data konkrit untuk ditetapkan sebagai DPT.

Tingkat kesadaran masyarakat terhadap data pemilih yang minim, contohnya sampai sekarang ini masyarakat masih acuh tak acuh apakah dia asuk dalam DPT karena sampai sekarang posko pengaduan jaga hak pilih masih minim yang melapor.

Jadikan temuan apabila saran perbaikan yang disampaikan oleh Bawaslu Kabupaten Pesawaran tidak ditindaklanjuti oleh jajaran KPU. sampaikanlah jika itu salah karena data tersebut memang wajib diperbaiki agar semua warga bisa masuk dalam DPT.

"Mari bersama-sama kita mengecek kembali atau mencermati kembali soal akurasi data ini selepas kita rakoor, dan lakukan sampai dengan pada pelaksanaan pemungutan suara Februari nanti. koordinasi bisa dalam bentuk santai juga bisa dilakukan." pungkasnya

Ditulis oleh Humas Bawaslu Kabupaten Pesawaran.

Tag
BERITA