Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU KABUPATEN PESAWARAN GELAR RAPAT KOORDINASI PUBLIKASI PENGAWASAN PENCALONAN PADA PEMILU TAHUN 2024

Mutholib ajak pemangku kepentingan untuk komitmen mewujudkan Pemilu 2024 yang bermartabat pada Rapat Koordinasi Publikasi Pengawasan Pencalonan Pemilu di Arinas Hotel, Sabtu (28/10).

Pesawaran-Bawaslu Kabupaten Pesawaran menggelar Rapat Koordinasi Publikasi Pengawasan Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pada Pemilu tahun 2024, yang dilaksanakan Arinas Hotel Bandar Lampung, Sabtu (28/10).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Pesawaran sekaligus Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Mutholib.

Dalam sambutannya Mutholib menuturkan, diselenggarakannya kegiatan ini, bertujuan untuk persiapan dan terkoordinasi dalam proses pengawasan persiapan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Kabupaten Pesawaran pada Pemilu tahun 2024.

“Pada saat ini tahapan Pemilu telah sampai pada tahapan Pencalonan. Maka, kegiatan ini dilaksanakan guna untuk memastikan persiapan sekaligus terkoordinasi dalam proses pengawasan persiapan penetapan DCT Anggota DPRD Kabupaten Pesawaran pada Pemilu tahun 2024,” tutur Mutholib.

Kemudian, tambah Mutholib, Rapat ini merupakan langkah Bawaslu dalam menjalankan tugas, yaitu melakukan pencegahan terhadap pelanggaran Pemilu dan sengketa proses. Selain menyampaikan surat himbauan pada setiap awal tahapan pada Pemilu

“Selain menyampaikan surat himbauan pada tiap tahapan Pemilu, digelarnya rapat ini dalam rangka menjalankan tugas Bawaslu dalam melakukan pencegahan. Berdasarkan Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa Bawaslu Kabupaten/Kota bertugas melakukan pencegahan terhadap pelanggaran Pemilu maupun sengketa proses,” tambahnya.

Selain itu, Mutholib berharap agar pemangku kepentingan untuk bersama mewujudkan Pemilu yang bermartabat.

“Saya berharap kepada pemangku kepetingan dan seluruh yang hadir pada kegiatan ini untuk berkomitmen mewujudkan Pemilu tahun 2024 yang bermartabat,” harapnya.

Sebagai pihak terundang pada kegiatan ini yaitu Polres Pesawaran, Kejaksaan Negeri Gedong Tataan, Korwil Pesawaran BINDA Lampung, KPU Kab. Pesawaran, Perwakilan Disdukcapil Kab. Pesawaran, Perwakilan Badan Kesbangpol Kab. Pesawaran, Gerakan Pramuka Kwarcab Pesawaran, Partai Politik Peserta Pemilu se-Kabupaten Pesawaran, Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran serta Media Pers se-Pesawaran. Hadir sebagai narasumber yaitu Karno Ahmad Satarya selaku Koordinator Umum PPI Provinsi Lampung, Iwan Setiawan selaku Akademisi Bidang Hukum UNILA dan Eka Setiawan selaku Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Provinsi Lampung.

Tag
BERITA