Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU KABUPATEN PESAWARAN GELAR RAPAT FASILITASI PENANGANAN PELANGGARAN PEMILU TAHUN 2024

Oktiyas Anggota Bawaslu Kabupaten Pesawaran sampaikan persiapkan diri dan perkuat pemahaman guna menangani temuan dan laporan dugaan pelanggaran Pemilu.

Pesawaran - Bawaslu Kabupaten Pesawaran gelar Rapat Fasilitasi Penanganan Pelanggaran pada Pemilu Tahun 2024 di Horison Hotel Bandar Lampung, Senin (09/10).

Pada kegiatan ini, disampaikan laporan penyelenggara kegiatan oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Pesawaran Kukuh Juliah, bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah menyamakan persepsi tentang pola, alur penanganan pelanggaran baik itu temuan atau laporan serta meningkatkan kualitas diri dengan cara terus menerus mengupgrade diri dengan mengkaji peraturan yang ada.

"Maksud dan tujuan kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya menyamakan persepsi tentang pola, alur penanganan pelanggaran baik itu temuan atau laporan serta meningkatkan kualitas diri pengawas Pemilu dengan mengkaji peraturan yang ada," ungkap Kukuh.

Senada dengan Kukuh, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Oktyas Afriza menuturkan Perbawaslu 7 dan 8 tahun 2022 tentang penanganan pelanggaran administratif dan penanganan laporan dan temuan. Kedua dasar tersebut adalah acuan kita untuk menindak pelanggaran baik itu temuan ataupun laporan.

"Perbawaslu 7 dan 8 tahun 2022 merupakan acuan kita untuk menindak pelanggaran baik itu temuan ataupun laporan pada Pemilu tahun 2024. Maka persiapkan diri dan perkuat pemahaman guna menangani temuan dan laporan dugaan pelanggaran Pemilu," pungkasnya.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan pada penyampaikan materi dari Budiyono selaku Akademisi Univesitas Lampung yang memaparkan pelanggaran Pemilu dan Muhammad Tio Aliansyah Anggota DKPP RI menyampaikan tentang kode etik penyelenggaran Pemilu.

Sebagai peserta yang terundang pada kegiatan ini yaitu Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan beserta staf Sekretariat Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan Kabupaten Pesawaran.

Tag
BERITA