Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU DAN POLRI BANGUN SINERGITAS UNTUK CIPTAKAN EFEKTIVITAS PENGAWASAN PEMILU

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran, Fatihunnajah paparkan tantangan Pemilu dan Pilkada kedepanpada Latihan Pra Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Aula Pamor Persada Polres Pesawaran, Sabtu (14/10).

Pesawaran - Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran, Fatihunnajah menjadi narasumber pada Latihan Pra Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Aula Pamor Persada Polres Pesawaran, Sabtu (14/10).

Kegiatan tersebut untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada jajaran Polres Pesawaran tentang pentingnya pengawasan pada Pemilu 2024 mendatang.

Dalam paparannya Fatih mengungkapkan, jalannya pengawasan tidak hanya merupakan tugas dari Bawaslu. Namun ini merupakan tugas bersama, baik itu dari TNI/Polri maupun masyarakat.

"Penyelenggara Pemilu (KPU, Bawaslu, dan DKPP) bersama Polri/TNI dan para pemangku kepentingan seperti tokoh adat, tokoh masyarakat, atau ulama perlu bersama-sama menciptakan efektivitas dalam jalannya tahapan Pemilu," ungkapnya.

Peran Polri lanjutnya, dalam pengamanan dan ketertiban umum dalam setiap tahapan pemilu.

"Lalu dalam penegakan hukum pidana Pemilu pada Sentra Gakkumdu, Bawaslu bersinergi dengan Polri dan Kejaksaan. Seluruh laporan tindak pidana Pemilu harus terlebih dahulu melalui Bawaslu," tutur Fatih.

Selain itu, Fatih memaparkan tantangan Pemilu dan Pilkada kedepan menggunakan dua rezim UU yang berbeda.

"Aturan Pemilu dan Pilkada ini berbeda. Misalnya bentuk pelanggaran pidana untuk Pemilu dan Pilkada itu berbeda. Atau aturan larangan fasilitas negara lebih spesifik diatur dalam UU Pilkada. Aturan yang berbeda ini membuat penegakan hukumnya menjadi berbeda pula," seru dia.

Namun, dirinya optimis pelaksanaan Pemilu dan Pilkada dapat berjalan baik.

"Saya optimis dengan sinergritas yang baik jalannya Pemilu dan Pilkada dapat berjalan dengan baik," tutupnya.

Selanjutnya, Kapolres Pesawaran AKBP Maya Heny Hitijahubessy mengatakan kegiatan Lat Pra Ops ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana kesiapan Polri khususnya Polres Pesawaran dalam rangka ikut mengamankan ketika Sispamkota dan Latihan Parsial.

"Tujuan kegiatan ini memberikan gambaran bagaimana kesiapan Polri khususnya Polres Pesawaran dalam rangka ikut mengamankan Sispamkota. Sispamkota ini berupaya sesuai dengan Tupoksi, agar kita punya gambaran cara bertindak di lapangan dan cara mengamankan massa nantinya," pungkasnya.

Selanjutnya, Maya mengharapkan personil yang ditunjuk untuk melaksanakan tugas dilapangan. Kita siapkan kemampuan apa yg menjadi aturan maka kita patuhi, bagaimana mengamankan tahapan pencoblosan, kotak suara, dan massa yang tidak terima dengan hasil keputusan

"Saya meminta keseriusan Personil Polres Pesawaran latihan ini sebagai bentuk acuan kita dalam rangka mengamankan Pemilu Tahun 2024. Saya berharap sama-sama kita latihan dan menghadapi ancaman ancaman kedepan dapat di antisipasi," ungkapnya.

Tag
BERITA